Share on :

Teks 1

Thursday, November 1, 2012

Pin It

Sejarah Perkembangan Alat Hitung



Sejarah Perkembangan Alat Hitung  

Abacus (Alat Hitung Prasejarah)
Pernahkah anda berpikir alat hitung apa yang digunakan oleh, Kakek Moyang, moyang, moyang, moyang (dan seterusnya) kita ?. Tidak mungkin mereka menggunakan aplikasi Calc di windows seperti yang saya gunakan, kalkulator seperti di toko bangunan di dekat rumah saya, ya mereka menggunakan Abacus, atau dalam bahasa Indonesia disebut sempoa.
Abacus berasal dari bahasa yunani yaitu "Abax" atau "abakon" yang berarti Meja. Abacus dikembangkan pada jaman prasejarah oleh para kakek-nenek moyang kita karena keterbatasan dari penghitungan yang sebelumnya hanya menggunakan jari tangan mereka, yang jelas hanya dapat menghitung dari 1-10 (kecuali jika meminjam jari beberapa orang lain, maka bisa lebih). Dengan adanya abacus mereka bisa menghitung dengan jauh lebih banyak lagi, mungkin hingga ratusan dan ribuan.
Abacus dari jaman Kekaisaran Roma, sekitar tahun 27 SM.

Sejarah Abacus
Abacus dikembangkan dari Salamis tablet, sebuah tabel penghitungan yang digunakan oleh bangsa babylonia, yang ditemukan pada tahun 1846 di kepulauan salami.
Setelah itu dikenal Abacus tangan Roma, yaitu abacus yang digunakan oleh bangsa Roma, Abacus ini digunakan untuk perhitungan pajak yang digunakan oleh bangsa Roma.

Abacus Pada Masa Modern
Abacus seperti yang sekarang ini, muncul di China sekitar tahun 1200 M dan disebut dengan suan-pan, mungkin dari sinilah kita menyebutnya sempoa. Ada teori yang mengatakan bahwa bangsa Roma yang pergi ke cina melalui jalur sutra lah yang membawa Abacus dari Roma sampai ke cina. Dari Abacus ini lah Abacus dikembangkan menjadi salah satu Alat hitung yang masih digunakan sampai sekarang di Asia, Afrika, dan tempat-tempat lainnya.


Pascaline (Roda Penghitung)
Pascaline Blaise Pascal (1623-1662), seorang ahli filosofi dan matematika, menemukan alat penghitung mekanik pertama yang berupa mesin. Alat tersebut disebut Pascaline dan menggunakan ‘roda penghitung’ untuk menjumlahkan bilangan. Walaupun atas penemuannya ini Pascal dipuji sampai keseluruh Eropa, tetapi Pasaline merupakan alat yang sukar untuk diperbaiki jika rusak. Hanya Pascal saja yang bisa memperbaiki alat tersebut, sehingga para pengusaha menganggap alat tersebut terlalu kompleks. Selain itu pada masa tersebut tenaga kerja bidang perhitungan aritmatik sangat murah dibanding dengan tenaga kerja bidang mesin.
 
Pascaline Blaise Pascal.
 
 The Pascaline (Roda Penghitung)

Bagaimanapun desain ‘roda penghitung’ masih digunakan oleh seluruh alat hitung setidaknya sampai pertengahan tahun 1960. Kemudian alat penghitung mekanik telah dianggap usang sejak ditemukannya alat penghitung elektronik.


Difference Engine, Punched Card Dan Tabulating Machine

Difference Engine
Babbage’s Folly Mungkin Charles Babbage (1792-1871) yang telah mempercepat perkembangan komputer sejak 1600-an. Ia memajukan perkomputeran di bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika. Pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan difference engine-nya, Babbage menemukan ide mengenai analytical engine. Orang-orang yang skeptik menyebut penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage). Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal.
 
Charles Babbage.
 
Difference Engine.

Pemikiran-pemikiran Babbage yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik modern. Semenjak Babbage dilahirkan pada era teknologi elektronik, mesin berhitung elektronik mungkin telah ditemukan jauh sebelumnya. Ironisnya, para pelopor sebelumnya dalam pengembangan mesin berhitung elektronis tidak sadar akan idenya mengenai memori, printer, punched-card dan serangkaian program pengontrol.

Punched Card
Peralatan Punched-card Punched-card Pertama Alat tenun Jacquard ditemukan tahun 1801 dan masih digunakan sekarang, alat ini dikendalikan dengan punched-card (punched-card). Punched-card ditemukan oleh orang Perancis yang bernama Joseph-Marie Jacquard (1752-1834). Lubang merupakan inti dari punched-card dan kartu-kartu tersebut menunjukkan desain untuk tenunan.
 
Joseph Marie Jacquard.
 
Punched Card.

Babbage ingin menerapkan konsep punched-card dari alat tenun Jacquard untuk analytical engine-nya. Pada tahun 1843, Lady Ada Augusta Lovelace menilai punched-card tersebut bisa dirancang untuk menginstruksikan mesin analisis milik Babbage untuk mengulang operasi-operasi tertentu. Atas penilaiannya, beberapa orang menganggap Lady Lovelace sebagai programmer pertama (walaupun masih diperdebatkan).
 
Lady Ada Augusta Lovelace.

Munculnya Pemrosesan Data Otomatis The U.S. Bureau of Cencus tidak menyelesaikan sensus sejak tahun 1880 sampai hampir 1888. Pimpinan Bureau segera menghentikannya sebelum berlangsung selama 10 tahun. Komisi The U.S. Bureau, Herman Hollerith seorang ahli statistik menggunakan keahliannya dalam menggunakan punched-card untuk sensus pada tahun 1890. Dengan pemrosesan punched-card dan mesin Hollerith, sensus bisa selesai dalam waktu 2,5 tahun. Inilah dimulainya pemrosesan data secara otomatis. Jerih payah Dr. Hollerith membuktikan sekali lagi bahwa “kebutuhan merupakan ibunya penemuan”.

Tabulating Machine
Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company dan menjual produknya ke seluruh dunia. Permintaan mesin Hollerith menyebar sampai ke Rusia. Sensus pertama di Rusia (1897) menggunakan mesin Hollerith. Pada tahun 1911, Tabulating Hollerith Company merger dengan beberapa perusahaan lain dan berganti nama menjadi Computing-Tabulating-Recording Company.
 
Herman Hollerith.
 
Tabulating Machine.

Electromechanical Accounting Machine Hasil (output) dari mesin Hollerith masih harus ditulis tangan, sampai pada tahun 1919 Computing-Tabulating-Recording Company mengumumkan telah menciptakan printer/lister yang lama kelamaan merubah jalan hidup perusahaan tersebut. Untuk mengembangkan jangkauannya, pada tahun 1924 perusahaan tersebut merubah namanya menjadi International Business Machine Corporation (IBM). Sampai pertengahan tahun 1950, teknologi punched-card diperbaiki dengan penambahan beberapa alatnya serta kemampuan yang lebih pintar.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-widget-sharing-melayang.html#ixzz2AxoqDha5